Waktu Shalat Gerhana Bulan

Waktu Shalat Gerhana Bulan – Observasi Gerhana Bulan di Ogyakarta Hari Ini 19 November 2021 Waktu dan Lokasi Perekaman Gerhana Bulan Sebagian UNKNOW Ogyakarta / UNKNOWN DIY

PORTAL JOGJA – Gerhana sebagian terlama abad ini akan terlihat di Indonesia pada 19 Oktober 2021.

Waktu Shalat Gerhana Bulan

Peristiwa tersebut merupakan gerhana bulan terpanjang abad ini. Beberapa daerah di Indonesia bisa menyaksikan fenomena alam ini.

Sekretariat Kabinet Republik Indonesia

Gerhana bulan sebagian pada 19 November adalah yang terpanjang di Indonesia setidaknya dalam 80 tahun.

Semakin jauh jarak bulan dari pusat atau pusat pusar pada puncak gerhana, semakin lama gerhana akan berlangsung.

“Selama gerhana bulan parsial, 97,85 persen bayangan Bumi tertutupi oleh Bulan,” kata Andy Pangerang, seorang peneliti di Space Science. Karena itu, gerhana bisa berlangsung hingga 3 jam 28 menit. Center, BRIN, @lapan_ri di Instagram, 16 November 2021.

Menurut LAPAN, durasi gerhana bulan sebagian adalah 5 bulan 19 menit dari gerhana total, dari gerhana bulan sebagian (saat Bulan memasuki bayangan Bumi) hingga gerhana sebagian akhir (saat Bulan diam). . hanya keluar dari bayangan bumi). ).

Tata Cara Dan Niat Salat Gerhana Bulan, Begini Bacaan Dan Surat Yang Disunnahkan Dibaca Saat Salat?

Karena bulan berada di tengah bayangan, gerhana berlangsung lebih lama. Jenis gerhana ini juga disebut total-pusat.

Indonesia mengalaminya pada 16 Juni 2011 dengan total 100 menit, dan pada 7 Juli 2047, waktu parsial + total adalah 5 jam 19 menit, dan totalnya menjadi 101 menit.

Di Indonesia, hanya Papua yang mengalami gerhana terlama, 2 jam 20 menit setelah matahari terbit.

Gerhana sebagian terlama di Indonesia berlangsung selama 3 jam 24 menit pada tanggal 15 September 1932, dan 3 jam 26 menit pada tanggal 12 Mei 1892.

Hadirilah! “shalat Gerhana Matahari”

Indonesia akan mengalami gerhana bulan sebagian terlama pada 14 Agustus 2231 selama 3 jam 27 menit, dan pada 17 Juli 2373 selama 3 jam 23 menit.

Baca Juga: 19 November 2021: Catatan Sesi Love Bond: Irvana Tak Tertandingi, Randy Paling Dicari, Takdir Katery

Acara NET TV 15 September 2022: Drama Korea Full House, 49 Days dan Flower Boys

Luzinho mengeluh tentang rotasi kiper Persib di BRI: Saya tidak suka rotasi kiper, tapi… Gerhana Bulan (GBS) atau Khushful Kamar bisa diharapkan sore ini pukul 17.47 WIB. Kementerian Agama (Kemenag) mengimbau umat Islam untuk tidak melaksanakan shalat gerhana sesuai dengan Protokol Kesehatan (Prokat).

Video: Niat Dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan, Waktu Sholat Gerhana Bulan Dan Doa Sholat Khusuf

“Kami mengimbau umat Islam untuk mengikuti protokol kesehatan dan tentu saja melaksanakan shalat gerhana,” kata Direktur Pimpinan Masyarakat Islam Qamaruddin Amin dalam keterangan tertulis, Jumat (19/11/2021).

“Karena ini masih pandemi, ikuti aturan 5M: cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, kurangi pergerakan dan hindari kerumunan,” katanya.

Menurut petunjuk Nabi Muhammad (saw), umat Islam disarankan untuk melakukan shalat gerhana bahkan dalam kasus gerhana bulan. Selain itu, umat Islam dianjurkan untuk memperbanyak zikir, shalat, taqwa, taubat, sedekah dan amal shaleh lainnya.

“Mengingat waktu bulan di masing-masing wilayah, shalat gerhana dilakukan setelah shalat Maghrib sampai gerhana berakhir sesuai dengan waktu di atas,” kata Kamaruddin.

Ingat! Hari Ini Gerhana Bulan Total, Begini Tuntunan Shalat Gerhana Dan Bacaan Doa

حَدَّثَنَا أَبُو الوَلِيْد قَالَ حَدَّثَنَا زَائِدَةُ قَالَ حَدَّثَنَا زِيَادُ بْنُ عِلَاقَةِ قَالَ سَمِعْتُ الْمُغِيْرَةُ بْنِ شُعْبَةِ يَقُوْلُ اِنْكَسَفَتْ الشَّمْسُ يَوْمَ مَاتَ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ النَّاسُ اِنْكَسَفَتْ لِمَوْتِ اِبْرَاهِيْمُ فَقَالَ رَسُوْلُ اللهِ صلى الله عليه وسلم إِنَّ الشَّمْسَ وَالْقَمَرَأَيَتَانِ مِنْ أَيَاتِ اللهِ لاَ يَنْكَسِفَانِ لِمَوْتِ أَحَدٍ وَلَا لِحَيَاتِهِ فَإِذَا رَأَيْتُمُواهُمَا فَادْعُوا اللهِ لّوا لَيَ

Baca juga  Waktu Mustajab Untuk Berdoa

Abu al-Walid memberi tahu kami: Zaida berkata: Ziyad bin Ilaq berkata: Al-Mughira bin Shuba berkata: “Itu adalah gerhana matahari ketika Ibrahim meninggal.” Kemudian Nabi berkata, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda keagungan Allah, yang tidak akan pernah terhalang oleh kematian atau kehidupan siapa pun.” “Jika kamu melihat kedua gerhana, berdoalah kepada Allah dan berdoalah sampai (matahari) kembali.” (H.R.Al-Bukhari).

Muhammad, semoga Tuhan memberkati dia dan memberinya kedamaian, mengajarkan bimbingan Syariah Mulia selama gerhana matahari atau bulan:

1. Takut kepada Allah ketika gerhana matahari dan bulan, karena peristiwa ini mengingatkan kita akan tanda-tanda kiamat atau takut akan azab Allah karena dosa.

Niat Dan Tata Cara Sholat Gerhana Bulan 26 Mei 2021

2. Mengingat apa yang dilihat Nabi Muhammad saat shalat Kusuf. Selama shalat Kusuf, Allah dikatakan telah menunjukkan surga dan neraka, dan bahkan mengambil cabang dari surga untuk menunjukkan kepada mereka. Dia juga diperlihatkan berbagai hukuman yang dijatuhkan kepada orang-orang di Neraka. Oleh karena itu, dalam salah satu khutbahnya setelah salat gerhana, ia berkata: “Wahai umat Muhammad, aku bersumpah demi Allah, jika kamu mengetahui apa yang aku ketahui, kamu akan sedikit tertawa dan banyak menangis.” (H.R. Muttafaq alayh).

3. Merayakan “Eschalatu Jamani”. Ini mengacu pada panggilan untuk shalat berjamaah. Aisyah berkata: Ketika gerhana, Nabi, semoga Allah memberkati dia dan memberinya kedamaian, berkata, “Ashshalatu Jamia” (H. Tidak ada iqama dalam adzan dan shalat gerhana, karena shalat dan adzan shalat hanya berlaku untuk shalat lima waktu.

4. Adalah Sunnah untuk memperkuat bacaan surat, terlepas dari apakah shalat itu dilakukan di siang hari atau di malam hari. Apa yang Nabi (damai dan berkah Allah besertanya) lakukan selama shalat gerhana (H.R. Muttafaq alaih).

3. Membaca Sholat Iftar, kemudian membaca surat Al-Fatihah, disusul dengan surat lainnya (keras, tidak lembut)

Tata Cara Shalat Gerhana Bulan Atau Shalat Sunnah Khusuf 6 Juni 2020

6. Setelah itu beliau tidak langsung sujud, melainkan melanjutkan membaca Fatihah dan surat-surat lainnya. Posisi kedua ini lebih pendek dari yang pertama.

10. Kemudian menundukkan kepala dan shalat rakaat kedua seperti rakaat pertama, hanya saja bacaan dan gerakannya lebih pendek dari sebelumnya.

Imam kemudian memberikan khutbah kepada jemaah yang meliputi zikir, doa (terutama untuk akhir virus 19), apologetika dan sedekah. Rabu (26/5) akan terjadi Gerhana Bulan Merah Total (GBT) atau Super Blood Moon. / 2021). Dikenal juga dengan nama Khushsuful Kamar, acara ini berlangsung sekitar pukul 18.09-20.51 WIB.

Dirjen Bimas Islam Kementerian Agama Qamaruddin Amin mengimbau masyarakat untuk melaksanakan beberapa salat sunah. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan COVID-19.

Ibadah Islam Dan Bumi Bulat

“Doa tetap menghormati protokol kesehatan dan aturan 5M: cuci tangan, pakai masker, jaga jarak, kurangi pergerakan dan hindari keramaian,” kata Kamaruddin dalam keterangannya dari Kementerian Agama.

Dzikir adalah mengingat Allah SWT yang dimuliakan pada saat gerhana bulan. Seorang Muslim dapat mengingat kapan saja kecuali saat gerhana.

Baca juga  Usulan Dasar Negara Yang Diungkapkan Oleh 3 Orang Tokoh Ini Perbedaannya

Dalam hadits legendaris Abu Musa, umat Islam yang melihat gerhana diingatkan untuk mengingat Allah Ta’ala. Sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Bukhari menyerukan doa dan pengampunan.

Pembacaan Istighfar dapat dilakukan kapan saja, selama gerhana. Istighfar membantu umat Islam untuk mengingat Allah SWT, Keagungan-Nya dan kesediaan-Nya untuk mengampuni.

Jadwal Gerhana Bulan Total Tanggal 26 Mei 2021

Imam al-Ghazali dalam bukunya “Al Adab Fid Din” menyebutkan beberapa cara mengamati gerhana bulan. Artinya: Menjadi dan takut, segera bertobat, tidak mudah tersinggung, segera berdoa.

Perintah bersedekah saat gerhana disebutkan dalam hadits yang diriwayatkan oleh Aziya RA dan Abu Dawud. Perintah lainnya adalah doa, pujian, dan doa segera.

Selain hal di atas, setiap muslim dapat melakukan perbuatan baik lainnya ketika tertangkap. Semoga mendapatkan balasan yang setimpal dari Allah SWT.

Logo

Gerhana Bulan Dua Hari Lagi, Ini Tata Cara Salat Gerhana, Lengkap Dengan Hukum, Anjuran, Dan Lafadz Niatnya

Abu al-Walid mengatakan kepada kami bahwa Zaida mengatakan bahwa Ziyad bin Ilaq mengatakan bahwa Mughirah bin Shuba berkata: “Itu adalah gerhana matahari ketika Ibrahim meninggal.” Kemudian Nabi berkata, “Sesungguhnya matahari dan bulan adalah dua tanda keagungan Allah, yang tidak akan pernah terhalang oleh kematian atau kehidupan siapa pun.” “Jika kamu melihat kedua gerhana, berdoalah kepada Allah dan berdoalah sampai (matahari) kembali.” (HR.Bukhori).

Dalam publikasi tersebut, disebutkan bahwa Nabi Muhammad (damai dan berkah Allah besertanya) membimbing Syariah selama gerhana bulan dan matahari. Aplikasi ini harus menjadi panduan bagi umat Islam.

1. Takut kepada Allah SWT saat gerhana bulan adalah pengingat akan Hari Pembalasan atau tanda-tanda hukuman Allah SWT atas dosa.

ا الَ الشَّمْسُ لَي لِ اللَّهِزي الله ليه لَلَّهِ, الُوا لَ اللَّهِ, اكَ لُ ا ا ا ا ا ا ا ا ا ا انَاكَ ا ا.

Kata Nabi, Shalat Gerhana Matahari Atau Bulan

Penting: Ada gerhana pada masa Nabi Muhammad (saw). Dia melaksanakan shalat gerhana. Murid-muridnya berkata, “Ya Rasulullah, saya melihat Anda berdiri dan mencoba untuk mendapatkan sesuatu, jadi saya kembali kepada Anda.” Nabi berkata: Surga diperlihatkan kepadaku dan aku ingin menuai banyak buahnya. Jika saya mengambilnya, Anda akan memakannya jika dunia ada. (Tradisi Bukhori).

3. Adzan berjamaah dengan adzan Assalaatu Jamiah. Sholat gerhana tidak dibacakan dengan adzan dan sholat Iqamah sebagaimana dijelaskan dalam hadits berikut:

الشَّمس لَي لِ اللهِزي Allah ليه لم, : السلَةَ , ا, ا. di di

Makna: Aisyah RA meriwayatkan gerhana pada masa Muhammad SAW dan menyuruh orang-orang untuk shalat berjamaah. Orang-orang berkumpul, kemudian takbir dibacakan, diikuti dengan dua rakaat dan empat rukuk. (HR Muslim). Gerhana bulan adalah peristiwa di mana sinar matahari terhalang oleh Bumi sehingga segala sesuatu tidak dapat mencapai Bulan.

Besok Gerhana Bulan Total, Cek Waktunya Disini

Akibatnya, saat gerhana mencapai puncaknya, bulan tampak lebih gelap dan sedikit lebih merah di bagian yang terkena bayangan bulan.

Baca Juga: Gerhana Bulan Sebagian 19

Niat shalat gerhana bulan, fiqih shalat gerhana bulan, bacaan shalat gerhana bulan, shalat waktu, niat shalat gerhana, doa shalat gerhana bulan, cara shalat gerhana, bacaan shalat gerhana, waktu shalat gerhana matahari, khutbah shalat gerhana, shalat gerhana bulan, cara shalat gerhana bulan

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.