Wawasan Nusantara Pengertian Kedudukan Fungsi Tujuan Dan Implementasinya

Wawasan Nusantara Pengertian Kedudukan Fungsi Tujuan Dan Implementasinya – Nusantara Adalah Visi Bangsa Masa Depan Bangsa Menurut Wawasan Nusantara, visi bangsa Indonesia adalah menjadi wilayah yang satu dengan yang lainnya utuh.

Selain itu, status Wawasan Nusantara juga dipahami sebagai konsep ketatanegaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sedangkan menurut Lembaga Ketahanan Nasional tahun 1999, Wawasan Nusantara adalah cara pandang dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungan.

Wawasan Nusantara Pengertian Kedudukan Fungsi Tujuan Dan Implementasinya

Diri dan lingkungannya diketahui memiliki nilai-nilai yang beraneka ragam dan strategis, dengan mengutamakan persatuan, kesatuan bangsa, dan kesatuan daerah dalam memfungsikan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Ppkn Bab 7 Wawasan Nusantara Dalam Konteks Negara Quiz

Wawasan Nusantara terbagi menjadi tiga bagian, yaitu status, fungsi dan tujuan. Jadi apa interpretasi dari ketiga bagian tersebut? Berikut penjelasan yang dikutip darinya

Pengertian nusantara sebagai kearifan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mencapai cita-cita dan tujuan nasional.

Nusantara berfungsi sebagai panduan intuitif, inspirasi, dorongan dan tanda. Keempat hal tersebut digunakan untuk menentukan segala kebijakan, keputusan, tindakan dan kegiatan penyelenggaraan negara di tingkat pusat dan daerah bagi seluruh rakyat Indonesia dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Nusantara memiliki tujuan yang melekat untuk menanamkan rasa nasionalisme Indonesia yang tinggi dalam semua aspek kehidupan masyarakat Indonesia dan mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan individu, kelompok, suku, atau daerah.

Makalah Wawasan Nusantara Kel 5

Namun kepentingan tersebut tetap dihormati, diakui dan dipenuhi sepanjang tidak bertentangan dengan kepentingan nasional atau masyarakat.

Untuk mencapai tujuan nasional tersebut harus dicapai nasionalisme yang tinggi di segala bidang, karena tumbuhnya rasa nasionalisme, pemahaman dan semangat nasionalisme dalam jiwa bangsa Indonesia merupakan hasil dari pemahaman dan penghayatan Wawasan Nusantara.

Nilai-nilai nusantara harus dijunjung tinggi, dijunjung tinggi dan diterapkan oleh seluruh elemen masyarakat. Ada enam prinsip Wawasan Nasantara yang harus dipahami

Bangsa Indonesia memiliki tujuan dan kepentingan yang sama. Hal ini terlihat dalam perjuangan mengusir penjajah demi kemerdekaan. Prinsip kepentingan bersama juga dapat diterapkan dalam periode pembangunan belakangan ini

Tujuan Wawasan Nusantara, Pengertian, Fungsi, Dan Dasarnya

Masyarakat di Indonesia memiliki hak yang sama dalam segala bidang kehidupan tanpa terkecuali. Oleh karena itu, kepentingan umum atau nasional harus didahulukan dari kepentingan individu atau kelompok

Prinsip keadilan ini harus diterapkan dalam tindakan dan pemikiran. Karena kejujuran juga mempengaruhi keinginan dan tindakan yang harus sesuai dengan fakta dan tidak bertentangan dengan tatanan hukum untuk kemajuan bersama.

Prinsip solidaritas dapat digambarkan sebagai kepedulian terhadap sesama dan rela berkorban untuk kebaikan yang lebih besar.Kesatuan dipraktikkan dengan tetap menjaga sikap saling pengertian dan menghormati, tanpa memandang perbedaan.

Adanya kesadaran akan tujuan dan kepentingan bersama tentunya dapat menciptakan kesadaran kerjasama.

Makalah Wawasan Nusantara

Kesetiaan merupakan pilar penting kebijakan Wawasan Nusantara Kesatuan dan kesatuan tidak dapat dicapai tanpa landasan kesetiaan. Hal itu dapat diwujudkan melalui kesetiaan mengambil segala keputusan bersama demi kemajuan bangsa dan negara. Puji dan syukur penulis panjatkan ke hadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunia-Nya sehingga karya ini dapat terwujud”

“Itu bisa diselesaikan,” katanya. Tak lupa shalawat dan salam kita haturkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan kita sebagai umatnya.

Kami membuat artikel ini untuk menyelesaikan tugas kelompok geografi. Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu pembuatan artikel ini DAN kami juga menyadari pentingnya sumber bacaan dan referensi internet yang membantu memberikan informasi yang akan menjadi bahan pembuatan surat kabar.

Baca juga  Uud Alinea 4 Bunyi Dan Makna Yang Perlu Kamu Pelajari

Kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bimbingan dan arahan selama ini dalam penyusunan dokumen ini. Kami menyadari bahwa banyak kesalahan yang dibuat selama penulisan artikel ini, oleh karena itu kritik dan saran yang membangun sangat kami harapkan untuk penyempurnaan artikel ini.

Pengertian Wawasan Nusantara, Tujuan, Asas, Hakikat & Contoh

Kami mohon maaf jika banyak kesalahan dan kekeliruan dalam dokumen ini, karena kesempurnaan hanya milik Yang Maha Kuasa, yaitu. Allah SWT, dan kesalahan tentu milik kita sebagai manusia. Semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi kita semua

Indonesia adalah negara dengan banyak budaya dan adat Oleh karena itu harus memiliki kesamaan cara pandang dan sikap terhadap diri sendiri dan lingkungan Indonesia adalah negara yang beragam yang menjunjung tinggi persatuan dan kesatuan Berdasarkan wawasan, latar belakang, falsafah Pancasila, aspek pemikiran kedaerahan, sosial Dari aspek budaya dan aspek sejarah, terbentuklah wawasan kebangsaan Indonesia yang disebut Wawasan Nasantara, sebuah rumusan konsep yang terus berkembang hingga saat ini. Ada banyak konsepsi tentang visi nusantara, tetapi ada satu konsepsi tentang visi nusantara yang diusulkan sebagai keputusan MPR dan diadopsi pada tahun 1999 oleh Lembaga Pertahanan Nasional.

Wawasan Nusantara dengan demikian mencakup segala aspek kehidupan, sehingga tidak dapat dipisahkan menurut kepentingan. Bangsa Indonesia yang multibahasa harus mampu membina dan membentuk atau menata kehidupan bangsa yang lebih baik. Untuk itu pembangunan dan penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara disusun atas dasar keterkaitan antar segala aspek dengan mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa. Dari pengertian di atas, pengertian yang digunakan untuk pendidikan dasar Arepelago sebagai geopolitik Indonesia adalah pandangan dan sikap masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya, yang beragam dan memiliki nilai strategis dengan mengutamakan kesatuan wilayah. dan integritas, menghargai dan menghormati keragaman di setiap negara Aspek kehidupan berbangsa untuk mencapai tujuan nasional

Secara etimologis, istilah Nusantara berasal dari kata wawasan dan nusantara. Intuisi berasal dari kata vas (Yavana) yang berarti penglihatan, penglihatan dan indera. Jadi indera penglihatan adalah melihat, melihat, melihat, merasakan Pengertian artinya cara pandang dan cara melihat Nusantara berasal dari kata dan kata between Nusa artinya pulau atau kesatuan artinya la menunjukkan letak antara dua unsur Jadi kepulauan ini adalah kepulauan antara dua benua, yaitu benua Asia dan Australia, dan dua samudra, yaitu Samudra Hindia dan Pasifik. Berdasarkan makna modern, kata “Nasantara” digunakan sebagai pengganti nama Indonesia.

Implementasi Wawasan Nusantara Dan Ketahanan Nasional

Berdasarkan pandangan tersebut, Nusantara secara sederhana berarti pandangan masyarakat Indonesia terhadap diri sendiri dan lingkungannya. Wawasan Nusantara terutama merupakan lambang nusantara sebagai identitas nasional Indonesia.

Sebagai kesatuan pertahanan dan keamanan Selain itu, visi pulau merupakan cerminan dari kepentingan bersama, persatuan dan kesatuan bangsa serta tujuan bersama untuk menjaga keutuhan wilayah Indonesia. Dengan kata lain, sebagai kearifan nasional, nusantara menjadi skema dasar yang menjadi landasan cara berpikir, bertindak, dan bertindak dalam menghadapi persoalan-persoalan yang berkaitan dengan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Introspeksi nusantara merupakan visi keutuhan pulau-pulau dalam arti selalu utuh dan meluas dalam lingkup nusantara untuk kepentingan nasional. Artinya setiap warga negara dan setiap aparatur negara wajib berpikir, bertindak dan bertindak bagi setiap bangsa dan negara Indonesia. Demikian pula produk yang dihasilkan oleh lembaga negara harus untuk kepentingan bangsa dan negara Indonesia, tanpa melampaui kepentingan lain, seperti kepentingan daerah, kelompok, dan individu.

Baca juga  Terpikat Keindahan Pantai Ujung Genteng Sukabumi Ada Pasir Putih Hingga Tukik

Kita melihat bangsa Indonesia dan pulau-pulau sebagai satu kesatuan. Oleh karena itu yang hakiki pulau-pulau adalah keutuhan dan kesatuan wilayah nasional, dengan kata lain hakiki pulau-pulau adalah kesatuan nasional dan keutuhan wilayah GBHN menyatakan bahwa sifat hakiki kepulauan diwujudkan dengan menyatakan pulau-pulau sebagai politik, kesatuan ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan.

Asas, Kedudukan, Fungsi, Tujuan, Dan Implementasi Wawasan Nusantara. Pkn

Prinsip dasar yang berkaitan dengan nusantara adalah sistem atau hukum dasar yang harus ditaati, dihormati, ditegakkan dan diciptakan agar tetap patuh dan setia kepada unsur-unsur yang membentuk bangsa Indonesia yang disepakati bersama. Jika asas dasar tentang nusantara diabaikan, maka unsur-unsur yang membentuk kesepakatan bersama akan melanggar kesepakatan bersama, yang berarti pemisahan dari bangsa dan negara Indonesia. Saat ini, kebijakan dasar Nusantara adalah sebagai berikut:

Kepentingan umum Indonesia dalam mendukung kemerdekaan dan pendudukan secara fisik berhadapan dengan agresor dari negara lain. Sekarang orang Indonesia berhadapan dengan jenis kolonialisme yang berbeda. Misalnya, “adu domba” dan “pencelupan” bangsa dengan dalih HAM, demokrasi dan lingkungan. Faktanya, tujuan yang sama pentingnya adalah untuk mencapai kesejahteraan dan rasa aman yang lebih baik dari sebelumnya

Keberanian untuk berpikir, berbicara dan bertindak sesuai dengan kenyataan dan sistem yang benar, bahkan ketika mendengar kenyataan atau sistem itu pahit dan tidak menyenangkan. Harus dilakukan demi kebenaran dan kemajuan bangsa dan negara

Adanya kerukunan berdasarkan persamaan, saling pengertian, sehingga kerja kelompok, baik kelompok kecil maupun besar, dapat mencapai keselarasan yang lebih baik.

Fungsi Wawasan Nusantara: Pedoman, Motivasi, Dan Rambu Rambu

Kesetiaan pada kesepakatan bersama untuk berbangsa dan membentuk Negara Indonesia yang diprakarsai oleh Boyd Otomo pada tahun 1908 diluncurkan dan Proklamasi Kemerdekaan diproklamasikan pada 11 Agustus. Kesetiaan pada perjanjian ini penting dan akan menjadi tonggak penting dalam membangun persatuan dan kesatuan. Jika kesetiaan ini hilang, sudah pasti persatuan dan kesatuan akan berantakan

Wawasan Nusantara diposisikan sebagai perspektif negara.Kearifan nasional adalah visi negara menuju masa depan. Menurut konsep pengantar Nusantara, visi bangsa Indonesia adalah menjadi satu bangsa dengan wilayah yang bersatu dan terpadu. Status inheren pulau-pulau sebagai konsep ketatanegaraan Republik Indonesia.

Intuisi nusantara sebagai kearifan nasional bangsa Indonesia merupakan ajaran yang diyakini kebenarannya oleh seluruh rakyat Indonesia agar tidak terjadi penyesatan atau penyimpangan dalam upaya mencapai cita-cita dan tujuan nasional. Dengan demikian karakter internal pulau-pulau tersebut menjadi dasar yang nyata dalam penyelenggaraan kehidupan berbangsa

Wawasan Nusantara berfungsi sebagai pedoman, inspirasi, penyemangat dan tanda bagi seluruh rakyat Indonesia di tingkat pusat dan daerah dalam penyelenggaraan negara dan masyarakat, kehidupan berbangsa. dan negara

Contoh Sikap Yang Menunjukkan Implementasi Wawasan Nusantara Dalam Kehidupan Masyarakat

Introspeksi nusantara bertujuan untuk mewujudkan nasionalisme yang tinggi dalam segala aspek kehidupan masyarakat Indonesia, dengan mengutamakan kepentingan nasional di atas kepentingan individu, kelompok, suku atau daerah. Kepentingan ini tetap dihormati, diakui,

Fungsi dan tujuan wawasan nusantara, makalah wawasan nusantara dan ketahanan nasional, pengertian dari wawasan nusantara, makalah geopolitik dan wawasan nusantara, jelaskan pengertian wawasan nusantara, tujuan wawasan nusantara, apa pengertian wawasan nusantara, wawasan nusantara dan ketahanan nasional, tujuan konsep wawasan nusantara, pengertian wawasan nusantara menurut prof wan usman, pengertian implementasi wawasan nusantara, kedudukan wawasan nusantara

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.